Subscribe:

Jumat, 03 Februari 2012

Dampak Limbah Rumah Tangga

Dampak limbah rumah tangga telah menjadi perhatian dari Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat sejak tahun 2008, ini dikarenakan limbah rumah tangga telah dominan mencemari kota – kota besar di Jawa Barat sebanyak 80%.

Mengapa kita dapat menghasilkan limbah rumah tangga ketika mencuci pakaian? Apa dampak dari limbah rumah tangga ini? Surfaktan adalah senyawa Alkyl Bensen Sulfonat (ABS) yang mengangkat kotoran pada pakaian dan sulit diurai oleh mikroorganisme alami dalam tanah. Lalu ada lagi Senyawa Fosfat yang mencegah menempelnya kembali kotoran pada bahan yang sedang dicuci yang ternyata memberikan andil terjadinya peledakan populasi tanaman air.
Memang, ada keuntungan dari tanaman air tetapi juga dapat menimbulkan tumbuh kembang Alga. Alga akan menyebabkan warna air menjadi hijau dan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia. Ada juga Zat pemutih yang umumnya terdiri dari zat natrium karbonat, yang disinyalir dapat menimbulkan kanker.
Jadi, bapak – bapak dan ibu – ibu, marilah bijak dalam memilih produk untuk rumah tangga agar kita semua dapat mewariskan lingkungan yang indah dan sehat untuk anak dan cucu kita dan mengurangi dampak limbah rumah tangga.
Image source: jelajahunik.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Recent Posts With Thumbnails v3


Roxx Share